Minggu, 11 Oktober 2015

Cara Menanam Wortel di Dalam Pot

Wortel termasuk salah satu tanaman sayur yang sering digunakan sebagai bahan membuat sayur sup, tidak hanya itu wortel juga sangat enak jika dibuat jus atau bahkan langsung dimakan mentah. Karena termasuk tanaman sayur yang sering kita konsumsi, mengapa kita tidak coba menanamnya saja di dalam rumah. Karena untuk menanam wortel di dalam rumah, anda tidak memerlukan tempat yang luas karena anda bisa menanamnya di dalam pot. Nah ingin tau bagaimana cara menanam wortel di pot? simak penjelasan berikut

Cara Menanam Wortel di Dalam Pot
Cara Menanam Wortel di Dalam Pot

Bahan Menanam Wortel di Dalam Pot


1. Siapkan pot untuk menanam wortel. 
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah pot. Karena wortel merupakan sayuran akar yang tumbuh ke dalam maka kedalaman pot sangat penting agar diperoleh wortel dengan panjang dan besar yang diharapkan. Pilihlah pot yang memiliki kedalaman sekitar 30-40cm untuk memperoleh wortel dengan ukuran panjang standar. Atau jika anda menginginkan wortel dengan ukuran standar maka anda cukup mempersiapkan pot dengan ukuran 20-25 cm.

2. Pastikan pot yang Anda gunakan bersih
Anda harus memastikan bahwa pot yang anda gunakan bersih. Apalagi untuk pot bekas tanaman lain. Cucilah pot dan keringkan sebelum ditambahkan media tanam.

3. Siapkan media tanam
Untuk media tanam sendiri, anda dapat membeli media tanam yang sudah jadi atau membuatnya sendiri. Media tanam yang cocok untuk penanaman wortel adalah media tanam yang porous  (tidak mudah padat). Jika anda memilih menggunakan media tanah, anda dapat mencampurkan tanah merah, kompos dan pasir halus dengan perbandingan yang sama. Anda pun dapat menggunakan batang pakis dengan campuran sedikit pasir bila anda berencana menggunakan media non tanah.

Cara Menanam Wortel di Dalam Pot

  • Masukan media tanam ke dalam pot dan sisakan ruang kosong sekitar 2-3 cm dari atas pot.
  • Buatlah lubang dengan jarak sekitar 3-5 cm tiap lubangnya.
  • Masukkan bibit wortel ke dalam lubang, tiap lubang 2 bibit, lalu tutup dengan media tanam. Anda dapat membeli biji wortel dari toko tanaman kepercayaan Anda.
  • Siram pot dengan air secukupnya.
  • Letakkan pot di dekat jendela yang menerima sinar matahari langsung. Dan beri ruang antar pot dengan tanah.
  • Pastikan media tanam tetap lembap. Bila kering siramlah dengan air secukupnya.
  • Pangkaslah daun saat ketinggian tanaman mencapai sekitar 3 cm.
  • Perhatikan posisi tanaman wortel Anda, bila agak bengkok maka berilah tambahan media tanam. Bila cabang bengkok maka akar tidak akan terbentuk sempurna. Begitu pula bila akar mencuat ke atas pot, segera tutupi dengan media tanam karena akar yang terkena sinar matahari akan berwarna hijau dan tak dapat dimakan.
  • Setelahh tanaman wortel Anda memiliki ketinggian sekitar 8-10 cm maka saatnya Anda memberikan pupuk. Anda dapat memberikan pupuk cair organik setiap 2 minggu sekali.
  • Wortel sangat rentan terhadap serangan jamur apalagi bila sistem drainase potnya kurang baik. Bila terjadi serangan jamur, gunakan cairan anti jamur seperti belerang atau gunakan serbuk kayu manis.
  • Anda dapat mulai memanen wortel pada umur 2-2,5 bulan tergantung pada jenis wortel yang Anda tanam. Semakin cepat Anda memanen wortel Anda maka rasanya akan semakin manis.

Itulah bagaimana cara menanam wortel di dalam pot, selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Wortel di Dalam Pot

0 komentar:

Posting Komentar