Rabu, 07 Oktober 2015

Cara Menanam Sawi dengan Sistem Hidroponik

Setelah kemarin membuat artikel mengenai cara menanam ketimun menggunakan hiroponik, kali ini kami akan memberikan bagaimana cara menanam sawi secara hidroponik. Untuk mulai menanam sawi secara hidroponik, bahan yang perlu dipersiapkan adalah : Dan kit hidroponiknya, benih, media tanam, air, nutrisi hidroponik. tray semai, pinset, sprayer. Nah jika semua bahan tersebut sudah dipersiapkan, maka selanjutnya anda tinggal mulai memulai semai.


Untuk sistem hidroponik yang akan digunakan, anda bisa menggunakan sistem wick, NFT maupun sistem DFT. Nah jika anda masih awam atau pemula, anda bisa menggunakan sistem wick atau NFT. Mengapa? karena sistem ini lebih mudah dan juga lebih murah dalam pembuatannya sedangkan untuk sistem yang lainnya memerlukan biaya lebih untuk bisa membuat kitnya. Kali ini kita akan menanam menggunakan sistem wick seperti gambar di bawah ini.

Cara Menanam Sawi dengan Sistem Hidroponik
Cara Menanam Sawi dengan Sistem Hidroponik

Untuk membuat sistem wick seperti gambar di atas, yang perlu dipersiapkan adalah bak/ember untuk menampung nutrisi, kain flanel untuk sumbu, netpot, rockwool sebagai medaia tanam, setreform untuk menyangga netpot dan juga tanaman. Buat dan rangkai hingga menjadi seperti gambar di atas. 

Langkah Menanam Sawi Menggunakan Sistem Hidroponik

Siapkan alat dan bahan seperti yang sudah tertera diata, ambil tray semai, potong rockwool. Potong rockwool dan taruh di tiray semai. Taruh 1-2 benih sawi ke rockwool, namun sebelum benih di taruh di rockwool, benih harus dibasahi dengan air. Setelah semua benih di taruh pada rockwool di tray semai tutup tray semai dengan menggunakan plastik hitam, atau taruh di tempat gelap. Cek secara berkala dan biasanya semaian biasanya akan mulai tumbuh 1-2 x 24 jam. Setelahnya anda tinggal menunggu saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Sawi dengan Sistem Hidroponik

0 komentar:

Posting Komentar